Abstract:
Latar belakang dalam penelitian ini adalah setiap kegiatan pembelajaran dibutuhkan sebuah metode yang tepat agar tujuan yang diinginkan tercapai, begitu juga dengan tahfizh Al-Qur‟an karena menghafal Al-Qur‟an tidak sesederhana yang dibayangkan. Maka dari itu MI Mumtaza Islamic School memilih metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode talaqqi dalam kegiatan tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School dilakukan secara klasikal, tidak seperti ciri-ciri metode talaqqi pada umumnya yaitu dilakukan secara privat. Tetapi dengan cara seperti ini tetap menjadikan metode talaqqi efektif dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School, karena dengan menggunakan metode ini membuat hafalan siswa menjadi lebih bagus dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam mencapai target hafalan yang telah ditentukan. Beberapa faktor yang mendukung dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School adalah suasana tempat menghafal yang nyaman seperti terdapat sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya guru tahfizh yang profesional. Adapun faktor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur‟an, kesulitan siswa dalam mengatur waktu untuk muroja‟ah serta kurangnya dukungan dari orang tua