DSpace Repository

Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di MI Mumtaza Islamic School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Aida Sits Aisiyah, 17311803
dc.date.accessioned 2021-09-13T07:36:34Z
dc.date.available 2021-09-13T07:36:34Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1358
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adalah setiap kegiatan pembelajaran dibutuhkan sebuah metode yang tepat agar tujuan yang diinginkan tercapai, begitu juga dengan tahfizh Al-Qur‟an karena menghafal Al-Qur‟an tidak sesederhana yang dibayangkan. Maka dari itu MI Mumtaza Islamic School memilih metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode talaqqi dalam kegiatan tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School dilakukan secara klasikal, tidak seperti ciri-ciri metode talaqqi pada umumnya yaitu dilakukan secara privat. Tetapi dengan cara seperti ini tetap menjadikan metode talaqqi efektif dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School, karena dengan menggunakan metode ini membuat hafalan siswa menjadi lebih bagus dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam mencapai target hafalan yang telah ditentukan. Beberapa faktor yang mendukung dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School adalah suasana tempat menghafal yang nyaman seperti terdapat sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya guru tahfizh yang profesional. Adapun faktor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur‟an, kesulitan siswa dalam mengatur waktu untuk muroja‟ah serta kurangnya dukungan dari orang tua en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Talaqqi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Tahfizh Al-Qur‟an en_US
dc.title Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di MI Mumtaza Islamic School en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account