Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi Tik Tok. Dengan ini peneliti dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi pada penelitian ini sebanyak 596 mahasiswa, yang dijadikan objek adalah seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dengan jumlah sampel 86 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji regresi linier sederhana terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y.
Yaitu < 0,05 = 0,007. Artinya jika nilai signifikansi kurang dari 0,05 dapat dinyatakan signifikan. Dan dapat diketahui pula bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok memberikan kontribusi 7,1% dalam tingkat konsentrasi belajar mahasiswa selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain