Abstract:
Pembiasaan membaca Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini. Dengan dilakukan pembiasaan membaca Al-Qur’an ini maka akan membentuk akhlak positif bagi anak serta bacaan Al-Qur’an anak semakin membaik. Seperti ajaran Rasulullah SAW. yaitu melatih membaca Al-Qur’an secara rutin atau berulang-ulang.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa SMP Negeri 26 Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa yang diterapkan di SMPN 26 Batam ini bagi siswa di antaranya yaitu: Menciptakan lingkungan sekolah yang bernuansa Islami serta cinta terhadap Al-Qur’an, hati menjadi tenang setelah membaca Al-Qur’an, dan mendapatkan pahala ketika membacanya serta siswa menjadi paham bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Alokasi waktu tadarrus Al-Qur’an di sekolah setiap hari pada jam 07.00 sampai dengan jam 07.15. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa adalah masih ada sebagian siswa yang masih terlambat dalam mengikuti kegiatan tadarrus Al-Qur’an di sekolah, serta faktor lingkungan dan latar belakang siswa yang kurang mendukung dalam pelaksanaan tadarrus Al-Qur’an di SMPN 26 Batam. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa di SMPN 26 Batam yaitu: Mempunyai guru Agama yang bacaan Al-Qur’annya bagus serta guru yang telaten dalam membimbing siswa, peran aktif guru dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan program tadarrus Al-Qur’an siswa, peraturan sekolah yang tegas diberlakukan untuk siswa yang tidak tertib dan antusias siswa lainnya