DSpace Repository

Implementasi Program Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 26 Batam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Faza Indallah, 16311731
dc.date.accessioned 2021-11-23T07:45:01Z
dc.date.available 2021-11-23T07:45:01Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1530
dc.description.abstract Pembiasaan membaca Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini. Dengan dilakukan pembiasaan membaca Al-Qur’an ini maka akan membentuk akhlak positif bagi anak serta bacaan Al-Qur’an anak semakin membaik. Seperti ajaran Rasulullah SAW. yaitu melatih membaca Al-Qur’an secara rutin atau berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa SMP Negeri 26 Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa yang diterapkan di SMPN 26 Batam ini bagi siswa di antaranya yaitu: Menciptakan lingkungan sekolah yang bernuansa Islami serta cinta terhadap Al-Qur’an, hati menjadi tenang setelah membaca Al-Qur’an, dan mendapatkan pahala ketika membacanya serta siswa menjadi paham bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Alokasi waktu tadarrus Al-Qur’an di sekolah setiap hari pada jam 07.00 sampai dengan jam 07.15. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa adalah masih ada sebagian siswa yang masih terlambat dalam mengikuti kegiatan tadarrus Al-Qur’an di sekolah, serta faktor lingkungan dan latar belakang siswa yang kurang mendukung dalam pelaksanaan tadarrus Al-Qur’an di SMPN 26 Batam. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa di SMPN 26 Batam yaitu: Mempunyai guru Agama yang bacaan Al-Qur’annya bagus serta guru yang telaten dalam membimbing siswa, peran aktif guru dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan program tadarrus Al-Qur’an siswa, peraturan sekolah yang tegas diberlakukan untuk siswa yang tidak tertib dan antusias siswa lainnya en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Program Implementation en_US
dc.subject Program Pembiasaan en_US
dc.subject Tadarrus Al-Qur’an. en_US
dc.title Implementasi Program Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 26 Batam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account