DSpace Repository

Penerapan Manajemen Waktu Pembelajaran dan Dampaknya Pada Konsentrasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SDN 05 Selat Penuguan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Dyah Ayu Latifah, 17311809
dc.date.accessioned 2021-11-23T08:21:49Z
dc.date.available 2021-11-23T08:21:49Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1540
dc.description.abstract Dalam proses pembelajaran, manajemen waktu merupakan hal yang sangat krusial. Pengaturan jadwal pelajaran yang proporsional turut mempengaruhi tingkat konsentrasi belajar siswa. Kualitas pembelajaran salah satunya dapat diketahui dari apakah siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru. Sedangkan materi bisa dipahami dengan baik jika siswa konsentrasi dalam proses belajarnya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan manajemen waktu pembelajaran dan dampaknya pada konsentrasi belajar siswa di SDN 05 Selat Penuguan Kab. Banyuasin Palembang Sumatera Selatan. Peneltian ini memiliki persamaan dengan penelitian yang sudah ada yaitu penelitian yang dilakukan oleh Ria Mawaddah pada tahun 2017 mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo dengan judul “Pengaruh Manajemen Waktu dan Suasana Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 3 Palopo”. Persamaan penelitian penulis dengan penelitian Ria Mawaddah yaitu sama-sama meneliti tentang manajemen waktu dan konsentrasi belajar, adapun perbedaannya yaitu pada jenis penelitiannya, apabila penelitian ini menggunakan kualitatif sedangkan penelitian Ria Mawaddah menggunakan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan manajemen waktu pembelajaran terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 05 Selat Penuguan Kab. Banyuasin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya adalah ; a) manajemen waktu pembelajaran di SDN 05 Selat Penuguan Kab.Banyuasin telah sesuai dengan aturan yang ditentukan.; b) Penerapan manajemen waktu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang efektif, karena tidak sesuai waktu yang ada dengan target materi yang harus disampaikan; c) konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terkadang kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari beberapa gejala yang seringkali timbul, yakni siswa kerap merasa bosan, kelelahan dan jenuh pada saat belajar en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Manajemen Waktu en_US
dc.subject Konsentrasi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title Penerapan Manajemen Waktu Pembelajaran dan Dampaknya Pada Konsentrasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SDN 05 Selat Penuguan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account