Abstract:
Penyebaran virus covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan
mengenai pelaksanaan sistem pembelajaran online. SDN Kemang 01 Parung Bogor sebagai
salah satu sekolah yang melaksanakan sistem pembelajaran online merasakan beberapa
dampak kepada siswa terutama bagi perkembangan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan
pembelajaran online terhadap perkembangan kepribadian siswa serta faktor apa saja yang
dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian siswa di SDN Kemang 01 Parung Bogor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui
pengumpulan data dengan observasi dan penyebaran angket. Jumlah sampel yang diambil
berjumlah 83 orang melalui teknik random sampling menggunakan rumus slovin. Teknik
analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan dasar pengambilan
keputusan jika nilai signifikansi < 0,05, maka variabel X berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel Y.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan
dari pembelajaran online terhadap perkembangan kepribadian siswa di SDN Kemang 01
Parung Bogor sebesar 60,5% terhadap Perkembangan Kepribadian. Sedangkan 39,5%
perkembangan kepribadian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.