Abstract:
Penelitian ini berjudul “KONSEP METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IBNU KHALDȖN SERTA
RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI”,adapun latar belakang pengambilan judul tersebut yaitu Ibnu Khaldûn menentukan beberapa metode pembelajaran yang harus diperhatikan oleh pendidik dalam proses pengajaran agar sampai kepada tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan. Tujuan pendidikan tersebut yaitu mampu meningkatkan anak didik yang kreatif dan dialogis, untuk itu penerapan suatu metode pembelajaran yang relevan dengan situasi tertentu perlu dipahami keadaan metode pembelajaran tersebut, baik ketepatan maupun tata caranya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini, ditinjau dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (Library Reaseach) yang bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan khususnya mengenai metode pembelajaran Ibnu Khaldûn dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Khaldûn sebagai intelektual muslim telah banyak memberikan kontribusi pemikirannya dalam bidang pendidikan khususnya metode pembelajaran. Ibnu Khaldûn tidak memusatkan perhatiannya pada metode tertentu dalam pengajaran. Diantara beberapa metode
pembelajaran yang terpenting menurut ibnu Khaldûn yaitu metode bertahap dan pengulangan, metode dialog dan diskusi, metode wisata dan metode pengajaran bahasa arab. Diharapkan dengan metode tersebut bisa diterapkan dalam pembelajaran dan menjadi pedoman bagi seorang pendidik dalam mendidik murid-muridnya.