DSpace Repository

Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun Serta Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini

Show simple item record

dc.contributor.advisor Armai Arief
dc.contributor.advisor Abdul Wahab Abd. Muhaimin
dc.contributor.author Eka Naelia Rahmah, 210810006
dc.date.accessioned 2021-12-03T06:59:42Z
dc.date.available 2021-12-03T06:59:42Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1563
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “KONSEP METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IBNU KHALDȖN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI”,adapun latar belakang pengambilan judul tersebut yaitu Ibnu Khaldûn menentukan beberapa metode pembelajaran yang harus diperhatikan oleh pendidik dalam proses pengajaran agar sampai kepada tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan. Tujuan pendidikan tersebut yaitu mampu meningkatkan anak didik yang kreatif dan dialogis, untuk itu penerapan suatu metode pembelajaran yang relevan dengan situasi tertentu perlu dipahami keadaan metode pembelajaran tersebut, baik ketepatan maupun tata caranya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini, ditinjau dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (Library Reaseach) yang bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan khususnya mengenai metode pembelajaran Ibnu Khaldûn dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Khaldûn sebagai intelektual muslim telah banyak memberikan kontribusi pemikirannya dalam bidang pendidikan khususnya metode pembelajaran. Ibnu Khaldûn tidak memusatkan perhatiannya pada metode tertentu dalam pengajaran. Diantara beberapa metode pembelajaran yang terpenting menurut ibnu Khaldûn yaitu metode bertahap dan pengulangan, metode dialog dan diskusi, metode wisata dan metode pengajaran bahasa arab. Diharapkan dengan metode tersebut bisa diterapkan dalam pembelajaran dan menjadi pedoman bagi seorang pendidik dalam mendidik murid-muridnya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Pembelajaran en_US
dc.subject Ibnu Khaldun en_US
dc.subject Pendidikan Masa Kini en_US
dc.title Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun Serta Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account