Abstract:
Penerapan berbagai strategi pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk
menemukan ramuan yang pas dalam mentransfer pengetahuan kepada Anak Usia Dini
(AUD). Penggunaan strategi yang relevan dalam pembelajaran juga akan sangat
memberikan pengaruh yang baik terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masing - masing
anak dan juga mampu tetap menjaga motivasi belajar anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam
pembelajaran di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Penelitian ini berlokasi di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan.
Penulis membuat kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan di KBRA
Raushan Fikr Kelompok A selama masa pandemi covid-19 ini adalah strategi
pembelajaran langsung dengan dua sistem pembelajaran, yaitu pembelajaran secara online
menggunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp dan juga pembelajaran offline private
class. Materi yang dibuat dalam pembelajaran di KB-RA Raushan Fikr kelompok A
disesuaikan dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) yang
mencakup aspek perkembangan anak yang mengacu pada Permendikbud No. 137 Tahun
Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Metode pembelajaran
yang digunakan di KB-RA Raushan Fikr selama pandemi covid-19 adalah metode
demonstrasi, metode bercerita, metode bermain, dan juga metode ceramah. Alat belajar atau
media pembelajaran yang digunakan kelompok A KB-RA Raushan Fikr juga bermacammacam
baik berupa media pembelajaran daring seperti pemanfaatan media elektronik HP/
laptop dengan menggunakan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran seperti Zoom
Meeting dan WhatsApp dan media luring seperti pemanfaatan media dilingkungan sekitar,
lembar kerja, dan lain sebagainya. Media pembelajaran yang digunakan juga berupa media
visual dan audio visual. Media visual yang digunakan seperti gambar-gambar angka atau
huruf untuk mengenalkan angka atau huruf (flashcard), gambar hewan untuk mengenalkan
hewan, LKS cetak, buku kurikulum Raushan Fikr, boneka, dan lain sebagainya. Sedangkan
media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran seperti pemutaran video edukatif
melalui yotube, video tutorial, video animasi yang diputar ketika pembelajaran daring
melalui zoom ataupun ketika pembelajaran private class. Teknik evaluasi yang dilakukan di
KB-RA Raushan Fikr kelompok A menggunakan observasi dengan catatan harian, unjuk
kerja, hasil karya, percakapan, penugasan, portofolio, dan juga catatan anekdot