DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelompok A Di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nur Aini Zaida
dc.contributor.author Choiri Inka Firdani, 17320002
dc.date.accessioned 2021-12-29T05:57:28Z
dc.date.available 2021-12-29T05:57:28Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1613
dc.description.abstract Penerapan berbagai strategi pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk menemukan ramuan yang pas dalam mentransfer pengetahuan kepada Anak Usia Dini (AUD). Penggunaan strategi yang relevan dalam pembelajaran juga akan sangat memberikan pengaruh yang baik terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masing - masing anak dan juga mampu tetap menjaga motivasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berlokasi di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan. Penulis membuat kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan di KBRA Raushan Fikr Kelompok A selama masa pandemi covid-19 ini adalah strategi pembelajaran langsung dengan dua sistem pembelajaran, yaitu pembelajaran secara online menggunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp dan juga pembelajaran offline private class. Materi yang dibuat dalam pembelajaran di KB-RA Raushan Fikr kelompok A disesuaikan dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) yang mencakup aspek perkembangan anak yang mengacu pada Permendikbud No. 137 Tahun Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Metode pembelajaran yang digunakan di KB-RA Raushan Fikr selama pandemi covid-19 adalah metode demonstrasi, metode bercerita, metode bermain, dan juga metode ceramah. Alat belajar atau media pembelajaran yang digunakan kelompok A KB-RA Raushan Fikr juga bermacammacam baik berupa media pembelajaran daring seperti pemanfaatan media elektronik HP/ laptop dengan menggunakan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran seperti Zoom Meeting dan WhatsApp dan media luring seperti pemanfaatan media dilingkungan sekitar, lembar kerja, dan lain sebagainya. Media pembelajaran yang digunakan juga berupa media visual dan audio visual. Media visual yang digunakan seperti gambar-gambar angka atau huruf untuk mengenalkan angka atau huruf (flashcard), gambar hewan untuk mengenalkan hewan, LKS cetak, buku kurikulum Raushan Fikr, boneka, dan lain sebagainya. Sedangkan media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran seperti pemutaran video edukatif melalui yotube, video tutorial, video animasi yang diputar ketika pembelajaran daring melalui zoom ataupun ketika pembelajaran private class. Teknik evaluasi yang dilakukan di KB-RA Raushan Fikr kelompok A menggunakan observasi dengan catatan harian, unjuk kerja, hasil karya, percakapan, penugasan, portofolio, dan juga catatan anekdot en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelompok A Di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account