Abstract:
Mengacu kepada judul, maka penelitian ini didasarkan
pada permasalahan bagaimana dan sejauh mana penerapan
metode iqro’ terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-
Qur’an secara fasih dan tartil di TPQ Nurul Hikmah Gandul
Cinere Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauhmana pengaruh penerapan metode
pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran membaca
Al-Qur’an untuk anak.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hikmah
Gandul Cinere Depok. TPQ ini merupakan salah satu TPQ
yang telah menggunakan metode Iqro’ dalam pembelajaran
membaca Al-Qur’an. Datanya diperoleh dengan cara observasi
wawancara dan tes praktik membaca Al-Qur’an, semua data
dianalisis dengan deskripktif dan menggunakan rumus kolerasi
product moment yang membandingkan antara data variabel
bebas yang dalam hal ini adalah metode Iqro’ dengan variabel
terikat dalam hal ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an
secara fasih dan tartil.
Secara umum kegiatan penelitian ini didasarkan atas
prinsip metode deskriptif. Adapun populasi yang penulis
jadikan objek penelitian adalah siswa TPQ Nurul Hikmah,
yang berjumlah 84 siswa, dan sampel yang penulis ambil
adalah 25% dari total populasi tersebut, dengan penentuan
sampel sebanyak 21 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data
menggunakan angket, kemudian dengan observasi wawancara,
analisa data dan studi dokumentasi.