DSpace Repository

Pengaruh Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Anak Dalam Membaca Al-qur’an Secara Fasih Dan Tartil (Studi Kasus pada Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Nurul Hikmah, Gandul Cinere Depok)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Umi Khusnul Khotimah
dc.contributor.author Fitriani, 11311041
dc.date.accessioned 2019-11-12T02:31:51Z
dc.date.available 2019-11-12T02:31:51Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/175
dc.description.abstract Mengacu kepada judul, maka penelitian ini didasarkan pada permasalahan bagaimana dan sejauh mana penerapan metode iqro’ terhadap peningkatan kemampuan membaca Al- Qur’an secara fasih dan tartil di TPQ Nurul Hikmah Gandul Cinere Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh penerapan metode pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hikmah Gandul Cinere Depok. TPQ ini merupakan salah satu TPQ yang telah menggunakan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Datanya diperoleh dengan cara observasi wawancara dan tes praktik membaca Al-Qur’an, semua data dianalisis dengan deskripktif dan menggunakan rumus kolerasi product moment yang membandingkan antara data variabel bebas yang dalam hal ini adalah metode Iqro’ dengan variabel terikat dalam hal ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih dan tartil. Secara umum kegiatan penelitian ini didasarkan atas prinsip metode deskriptif. Adapun populasi yang penulis jadikan objek penelitian adalah siswa TPQ Nurul Hikmah, yang berjumlah 84 siswa, dan sampel yang penulis ambil adalah 25% dari total populasi tersebut, dengan penentuan sampel sebanyak 21 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan angket, kemudian dengan observasi wawancara, analisa data dan studi dokumentasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Fasih en_US
dc.subject Tartil en_US
dc.title Pengaruh Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Anak Dalam Membaca Al-qur’an Secara Fasih Dan Tartil (Studi Kasus pada Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Nurul Hikmah, Gandul Cinere Depok) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account