Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan seputar Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Sekolah Hikari yang perlu diketahui serta bagaimana perannya dalam Penanaman Pendidikan Karakter Mandiri dan Karakter Tanggung Jawab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Sumber data primer dan sekunder diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi dengan kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik serta dokumen, buku, gambar, artikel jurnal yang mendukung penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) berjalan dengan baik. Semua pihak turut andil dengan perannya masing-masing, semua pihak tersebut meliputi: Yayasan, kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Kedua, efektifitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dalam penanaman Pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab berjalan baik, strategi yang digunakan adalah melalui peneladanan, pembiasaan dan motivasi selanjutnya dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang meyenangkan dengan bimbingan dan arahan guru dan kepala sekolah serta dalam pengawasan orang tua.