DSpace Repository

Implementasi Metode Musyafahah Dalam Meningkatkan Hafaln Al-Qur'an Juz 30 Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Firdaus Cipayung Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Faiqoh Ulinnuha, 18320010
dc.date.accessioned 2022-09-06T08:29:39Z
dc.date.available 2022-09-06T08:29:39Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1807
dc.description.abstract Proses untuk meningkatkan hafalan Al-Qur`an anak usia dini tergantung pengajaran awal dari gurunya dimana guru dapat menggunakan metode dan cara yang bervariatif dalam proses menghafal Al-Qur`an agar dapat mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode musyāfahah dalam menghafal Al Qur`an juz 30 pada anak usia dini di RA Al-Firdaus, selain itu pula untuk mengetahui pencapaian target hafalan siswa-siswi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Permasalahan yang diangkat penelitian ini ialah kurangnya pengembangan metode musyāfahah dan tidak ada guru khusus untuk tahfiẓ. Persamaan dengan penelitian yang sebelumnya ialah sama-sama membahas tentang metode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini, perbedaannya ialah penelitian ini lebih memusatkan pada satu metode yakni metode musyāfahah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa kelompok A dan B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode musyāfahah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur`an juz 30 pada anak usia dini di RA Al-Firdaus cukup efektif dan berhasil dilihat dari pencapaian target 4 tahun terakhir ini ada yang bisa mencapai 57% siswa-siswi yang dapat menyelesaikan juz 30 dalam kurun waktu 2 tahun. Faktor pendukungnya kemampuan dasar siswa-siswi, keinginan dan semangat siswa-siswi yang tinggi, guru yang memiliki semangat dan berkompeten, dan lingkungan keluarga yang baik. Faktor penghambatnya ialah siswa-siswi yang belum mampu membaca Al-Qur`an dengan lancar serta masih ada yang belum mampu mengenal huruf hijaiyyah, pengaruh lingkungan yang tidak baik di luar sekolah, kurangnya dukungan dari orangtua, dan keterbatasan waktu di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Musyāfahah en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur`ān, en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Implementasi Metode Musyafahah Dalam Meningkatkan Hafaln Al-Qur'an Juz 30 Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Firdaus Cipayung Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account