DSpace Repository

Pola Pendidikan Anak Cerdas Berbakat Istimewa (Gifted) Perspektif Al-Qur’ān (Studi Qs. Āli ‘Imrān Ayat 159 Dan Al-Isrā Ayat 84)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dimyati Badruzzaman
dc.contributor.advisor M. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.author Is Is Saidah Nafisah, 219430251
dc.date.accessioned 2022-10-01T07:34:36Z
dc.date.available 2022-10-01T07:34:36Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1896
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan menjelaskan terkait anak gifted dan pola pendidikannya perspektif Al-Qur’an. Dengan mengacu pada tafsir Ibnu Kaşīr dan tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka. Penelitian ini dianggap penting karena anak gifted memiliki karakteristik intelektual dan emosional yang berbeda dengan anak lain pada umumnya. Dalam pengasuhannya memerlukan penanganan khusus agar potensi dan keberbakatannya bisa dikembangkan secara optimal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatannya menggunakan pendekatan psikologi dan sosiologis. Data primer yaitu Al-Qur’an Al-Karīm. Sumber primer ini dikembangkan melalui terjemahan Al-Qur’an dan tafsirnya, yang kemudian dirangkai dalam penafsiran ayat yang sistematis menggunakan buku Tafsir Al-Azhar yang ditulis oleh Prof.Dr Hamka dan tafsir klasik yaitu Ibnu Kaşīr . Data Sekundernya yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam Q.S Ali Imran terdapat empat cara dalam mengasuh anak gifted yakni: lemah lembut, memaafkan dan mendoakan, musyawarah serta bertawakkal. Cara-cara mengasuh anak gifted yang terdapat dalam Q.S Ali Imran ayat 159 ini sesuai dengan pola pengasuhan demokratis dalam teori psikologi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pola Pendidikan en_US
dc.subject Anak Cerdas Berbakat Istimewa en_US
dc.subject Qs. Āli ‘Imrān Ayat 159 en_US
dc.subject Al-Isrā Ayat 84 en_US
dc.title Pola Pendidikan Anak Cerdas Berbakat Istimewa (Gifted) Perspektif Al-Qur’ān (Studi Qs. Āli ‘Imrān Ayat 159 Dan Al-Isrā Ayat 84) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account