DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Pendekatan Fun Learning dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi Analisis pada Anak Usia Dini di Lembaga Private Alif Iqro Ciputat Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.author Siti Sarah, 219430272
dc.date.accessioned 2022-10-18T04:38:44Z
dc.date.available 2022-10-18T04:38:44Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2019
dc.description.abstract Pendidikan merupakan hak yang harus diberikan kepada setiap anak. Pada masa ini, peneliti menyadari bahwa anak usia dini sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat luar biasa. Maka, penting bagi orang tua untuk mengarahkan Pendidikan anak dengan tepat, terutama Pendidikan agama. Melalui pembelajaran yang menyenangkan (fun learning) anak akan lebih mudah melakukan kegiatan belajar, sehingga tidak monoton dan merasa bosan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan fun learning dan bagaimana fun learning meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif descriptive research yang berfokus mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui fun learning dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. Sumber data primer yaitu dokumentasi, wawancara Tim Akademik, guru dan orang tua murid. Sumber data sekunder yaitu modul, jurnal, artikel, dan buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Implementasi pendekatan fun learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai berikut: a) membuat perencanaan pembelajaran PAI untuk anak usia dini; b) melalui tiga tahap pelaksanaan pembelajaran; kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup menggunakan pendekatan fun learning dan metode edutaiment c) melakukan evaluasi melalui buku report dengan lima poin pembelajaran, dan 2) peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan pendekatan fun learning dalam teori kecerdasan emosional Daniel Goelman menghasilkan: a) meningkatnya durasi fokus belajar anak, b) terbentuknya minat, c) keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan d) tumbuhnya kesadaran dalam belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Fun Learning en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Pendekatan Fun Learning dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi Analisis pada Anak Usia Dini di Lembaga Private Alif Iqro Ciputat Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account