DSpace Repository

Penerapan Konsep Kecerdasan Linguistik dalam Pembelajaran PAI di SD Islam Creative Banjarbaru Kalimantan Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Ananda Husniyyatuz Zahra, 18311950
dc.date.accessioned 2022-10-26T05:42:21Z
dc.date.available 2022-10-26T05:42:21Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2081
dc.description.abstract Kecerdasan linguistik merupakan salah satu dari jenis multiple intelligences yang dimiliki anak dan merupakan salah satu jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada usia dasar. Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang dikaitkan dengan kemampuan untuk melakukan serta memahami informasi dan komunikasi dari lawan bicara, baik dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tertulis. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan konsep kecerdasan linguistik berbasis multiple intelligences pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Islam Creative Banjarbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan konsep kecerdasan linguistik berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Skripsi ini meneliti tentang penerapan konsep kecerdasan linguistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus utama pada cara guru melakukan persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi/penilaian dalam melaksanakan pembelajaran. Persamaan penelitian yang telah ada Persamaan penulis dengan penelitian terdahulu adalah dalam hal penerapan konsep kecerdasan linguistik. Namun berbeda dalam objek dan mata pelajaran yang diteliti. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, maka peneliti akan langsung ke lapangan (field research) untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya hal yang dibutuhkan dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pelaksanaan penerapan konsep kecerdasan linguistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Creative Banjarbaru diawali dengan dilakukannya tes Multiple Intelligences Research (MIR) yang diperuntukkan bagi siswa ketika penerimaan siswa baru. Dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi tiga yaitu kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Di SD Islam Creative Banjarbaru, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan konsep kecerdasan linguistik dilaksanakan dengan menggunakan metode berbasis kecerdasan linguistik yang bervariasi. Metode-metode yang digunakan dapat menstimulasi berkembangnya kecerdasan linguistik yang dimiliki anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Multiple Intelligences en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kecerdasan Linguistik, en_US
dc.title Penerapan Konsep Kecerdasan Linguistik dalam Pembelajaran PAI di SD Islam Creative Banjarbaru Kalimantan Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account