DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa Kelas X SMK Plus Al-Hidayah Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Nida Aulia Ramdhana, 18312047
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:26:19Z
dc.date.available 2022-10-26T08:26:19Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2109
dc.description.abstract Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an merupakan yaitu menghafal sedikit demi sedikit ayat Al-Qur’an yang telah dibaca berulang-ulang. Yang berarti mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar. Penghafal Al-Qur’an harus memahami dan mengamalkan setiap bacaan untuk selanjutnya mengamalkan kandungan yang terdapat didalamnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber datanya adalah kepala yayasan, kepala sekolah, guru pembimbing, dan penanggung jawab pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an. instrument yang digunakan ialah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang meliputi, pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam analisis menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an ini menggunakan empat metode yaitu: Iqra’, tahsin, tartil dan talaqqi. 2) Tahfizul Qur’an Kegiatan yang membantu siswa belajar tentang Al-Qur'an memiliki efek yang sangat positif pada nilai-nilai spiritual mereka. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana para murid bersikap dalam sehari-hari di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah. Tujuan penelitian di antaranya : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di SMK Plus Al-Hidayah. 2) Untuk mengetahui bahwa pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dapat meningkatkan nilai spiritual siswa SMK Plus Al-Hidayah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi pembelajaran en_US
dc.subject Tahfiz Al-Qur’an en_US
dc.subject Nilai Spiritual en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa Kelas X SMK Plus Al-Hidayah Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account