DSpace Repository

Efektifitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.author Nita Millatul Haq, 13311207
dc.date.accessioned 2019-11-18T02:03:47Z
dc.date.available 2019-11-18T02:03:47Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/213
dc.description.abstract Penulis tertarik terhadap pelaksanaan menghafal Al- Qur’an yang dilakukan setiap hari oleh siswa-siswa SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan sebagai program wajib yang harus ditempuh, minimal mendapatkan hafalan 5 juz selama masa belajar. Oleh karena penghafal Al-Qur’an merupakan orang pilihan Allah, yang tak sebarang orang dapat melakukan hal tersebut, karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi apalagi pada zaman yang serba instan dan banyak pergaulan bebas yang dapat memengaruhi masa belajar bagi para remaja saat ini. Penulis memilih SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan sebagai tempat penelitian bagi penulis karena sekolah ini memiliki kegiatan-kegiatan keagamaan yang cukup baik sehingga dapat menjadi tempat untuk melatih pola hidup yang teratur dan membentuk kepribadian yang seimbang antara kebutuhan akademik dan keagamaanya. Skripsi ini membahas efektivitas menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual SMP IT Al- Multazam 2 Kuningan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah menghafal Al-Qur’an efektif dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP IT Al- Multazam 2 Kuningan. Dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif yang hasil penelitiannya berupa angka-angka dan dihitung menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa perhitungan angka korelasi antara variabel X xvi (Menghafal Al-Qur’an) dan variabel Y (Kecerdasan Spiritual) dengan menggunakan product moment, besarnya rxy diperoleh nilai sebesar 0, 471 yang terletak antara 0,40 - 0,70 yang berarti korelasi/pengaruh yang sedang atau cukup. Maka penulis mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang mana rhitung lebih besar dari rtabel sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) di tolak. Dengan demikian penulis menarik kesimpulan bahwa menghafal Al-Qur’an efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kecerdasan en_US
dc.subject Spiritual en_US
dc.title Efektifitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account