DSpace Repository

Analisis Penerapan Sistem Pendidikan Agama di Sekolah dasar Muhammadiyah 1 Cileungsi pada Periode Pra dan Post KBK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suwarno Imam
dc.contributor.author Taubatul Adzkiya, 03310687
dc.date.accessioned 2022-11-03T04:50:34Z
dc.date.available 2022-11-03T04:50:34Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2252
dc.description.abstract Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi demi pertumbuhan dan perk.embangan pribadi seorang anak. Setiap anak yang lahir ke dunia membawa potensi yang ada pada dirinya, baik itu potensi yang bersifat positif maupun potensi yang bersifat negativ. Pada era globalisasi dan pasar bebas manusia dihadapkan pada perubahan­perubahan yang tidak menentu. Seperti perubahan-perubahan pada sistem pendidikan Indonesia. Perubahan yang paling mendasar antara lain adalah pennasalahan kurikulum. Yaitu dilihat dari kurikulum yang sering berubah tapi tidak membuat anak menjadi pintar namun anak menjadi bahan uji coba untuk keberhasilan sebuah sistem pendidikan. Dengan demikian perubahan kurikulum merupakan tuntutan mutlak bagi lembaga pendidikan (sekolah) agar keberadaannya tetap fungsional, dalam arti senantiasa dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang senantiasa berubah dan berkembang. Hal demikian juga disebabkan karena fungsi lembaga pendidikan (sekolah) telah biasa digunakan oleh masyarakat sebagai ''pintu gerbang,, untuk menghadapi berbagai tuntunan masyarakat. Di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan dalam bidang kurikulum sekolah yakni mulai dari kurikulum 1968, 1975, 1984, 1994, 1999, 2004 kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan yang paling terbaru adalalah kurikulum 2006 kurikulum tingkat satuan pendidikan atau disingkat KTSP. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terns menerus dilakukan secara konvensional maupun inovatif. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Dan upaya lain dalam peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan dan standar kompetensi pendidikan, yang melalui consensus nasional antara pemerintah dengan semua lapisan masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Analisis Penerapan Sistem en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Analisis Penerapan Sistem Pendidikan Agama di Sekolah dasar Muhammadiyah 1 Cileungsi pada Periode Pra dan Post KBK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account