Abstract:
Peneliti memilih judul penelitian ini karena pertama, peneliti melihat
adanya perbedaan penerapan strategi dalam menghafal Al-Qur‟an pada kedua
lembaga tersebut, yang kedua karena melihat keberhasilan dalam mencetak
alumni-alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan sampai
internasional terutama dalam bidang Al-Qur‟an, ketiga peneliti merasa
tertarik untuk memadu-padankan strategi yang ada pada kedua lembaga
tersebut sehingga mampu menghasilkan kualitas strategi yang bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran
menghafal Al-Qur‟an, mendeskripsikan strategi hafalan Al-Qur‟an,
mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi hafalan Al-Qur‟an.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative
research) yang bersifat analisis naratif (narrative analize) dengan pendekatan
deskriptif melalui rancangan studi multi kasus dengan objek studi di MTs
Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban dan SMPIT Darul Qur‟an Gunung
Sindur Bogor. Peneliti sebagai human instrument dalam menganalisis hasil
data yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumen.
Adapun hasil penelitian dari tesis ini antara lain: 1) Metode
Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah
menggunakan Metode Takriri dan pada SMPIT Darul Qur‟an menggunakan
Metode Tahfidz. 2) Strategi Hafalan Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah
Menetapkan Mushaf Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward,
Menetapkan Target Tertentu dalam Menghafal, dan Melaksanakan Kegiatan
Penunjang dan pada SMPIT Darul Qur‟an adalah Menetapkan Mushaf
Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward, Menetapkan Target
Tertentu dalam Menghafal, Melaksanakan Kegiatan Penunjang dan
Memberikan Motivasi Setiap Akhir Bulan. 3) Pelaksanaan Evaluasi Hafalan
Al-Qur‟an pada lembaga MTs Salafiyah dan SMPIT Darul Qur‟an adalah
sama yaitu Memiliki Ketentuan Sebelum Evaluasi dan Pelaksanaan Evaluasi.