DSpace Repository

Strategi Peningkatan Mutu Hafalan Al-Quran Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban Dan SMPIT Darul Quran Gunung Sindur Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.advisor Ade Naelul Huda
dc.contributor.author Elok Faiqoh, 214810132
dc.date.accessioned 2019-11-19T04:24:02Z
dc.date.available 2019-11-19T04:24:02Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/244
dc.description.abstract Peneliti memilih judul penelitian ini karena pertama, peneliti melihat adanya perbedaan penerapan strategi dalam menghafal Al-Qur‟an pada kedua lembaga tersebut, yang kedua karena melihat keberhasilan dalam mencetak alumni-alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan sampai internasional terutama dalam bidang Al-Qur‟an, ketiga peneliti merasa tertarik untuk memadu-padankan strategi yang ada pada kedua lembaga tersebut sehingga mampu menghasilkan kualitas strategi yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran menghafal Al-Qur‟an, mendeskripsikan strategi hafalan Al-Qur‟an, mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi hafalan Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research) yang bersifat analisis naratif (narrative analize) dengan pendekatan deskriptif melalui rancangan studi multi kasus dengan objek studi di MTs Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban dan SMPIT Darul Qur‟an Gunung Sindur Bogor. Peneliti sebagai human instrument dalam menganalisis hasil data yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Adapun hasil penelitian dari tesis ini antara lain: 1) Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah menggunakan Metode Takriri dan pada SMPIT Darul Qur‟an menggunakan Metode Tahfidz. 2) Strategi Hafalan Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah Menetapkan Mushaf Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward, Menetapkan Target Tertentu dalam Menghafal, dan Melaksanakan Kegiatan Penunjang dan pada SMPIT Darul Qur‟an adalah Menetapkan Mushaf Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward, Menetapkan Target Tertentu dalam Menghafal, Melaksanakan Kegiatan Penunjang dan Memberikan Motivasi Setiap Akhir Bulan. 3) Pelaksanaan Evaluasi Hafalan Al-Qur‟an pada lembaga MTs Salafiyah dan SMPIT Darul Qur‟an adalah sama yaitu Memiliki Ketentuan Sebelum Evaluasi dan Pelaksanaan Evaluasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Peningkatan Mutu en_US
dc.subject Hafalan Qur‟an en_US
dc.title Strategi Peningkatan Mutu Hafalan Al-Quran Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban Dan SMPIT Darul Quran Gunung Sindur Bogor en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account