Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data
empirik mengenai pengaruh motivasi menghafal dan lingkungan pesantren,
baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi
hafalan Al-Qur’an santri LTTQ di Pondok Pesantren Qodratullah.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan
korelasional. Populasi penelitian adalah santri LTTQ di Pondok Pesantren
Qodratullah dengan jumlah populasi 187 orang santri. Adapun cara penarikan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling,
dan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan ukuran atau jumlah
sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 127 orang santri. Instrumen
pengumpul data untuk variabel X1 dan X2 menggunakan kuesioner (angket),
sedangkan variabel Y mengunakan tes lisan. Teknik analisis data hasil
penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus
product moment, pada tingkat kepercayaan α=0,05. Hasil pengujian analisis
sebagai berikut:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan sedang dari motivasi
menghafal terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien
korelasi r=0,529, melalui persamaan regresi yˆ = 31,951 + 0,579 X1, yang
berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal akan
mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar
0,579.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan sangat kuat dari lingkungan
pesantren terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien
korelasi r=0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 2,713 + 0,839 X2, yang
berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan pesantren akan
mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar
0,839.
Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan dan sangat kuat dari
motivasi menghafal dan lingkungan pesantren secara bersama-sama
(simultan) terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien
korelasi r = 0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 0,025 + 0,040 X1 + 0,821
X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal
dan lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi
hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,861.