DSpace Repository

Pengaruh Motivasi Menghafal Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Prestasi Hafalan Al-Quran Santri

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Muhaimin Zen
dc.contributor.advisor Ade Naelul Huda
dc.contributor.author Atikah Batubara, 215810138
dc.date.accessioned 2019-11-19T04:30:08Z
dc.date.available 2019-11-19T04:30:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/245
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai pengaruh motivasi menghafal dan lingkungan pesantren, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri LTTQ di Pondok Pesantren Qodratullah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah santri LTTQ di Pondok Pesantren Qodratullah dengan jumlah populasi 187 orang santri. Adapun cara penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan ukuran atau jumlah sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 127 orang santri. Instrumen pengumpul data untuk variabel X1 dan X2 menggunakan kuesioner (angket), sedangkan variabel Y mengunakan tes lisan. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment, pada tingkat kepercayaan α=0,05. Hasil pengujian analisis sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh positif dan sedang dari motivasi menghafal terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r=0,529, melalui persamaan regresi yˆ = 31,951 + 0,579 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,579. Kedua, terdapat pengaruh positif dan sangat kuat dari lingkungan pesantren terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r=0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 2,713 + 0,839 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,839. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan dan sangat kuat dari motivasi menghafal dan lingkungan pesantren secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r = 0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 0,025 + 0,040 X1 + 0,821 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal dan lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,861. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Motivasi Menghafal en_US
dc.subject Lingkungan Pesantren en_US
dc.subject Prestasi Hafalan Al-Qur’an Santri en_US
dc.title Pengaruh Motivasi Menghafal Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Prestasi Hafalan Al-Quran Santri en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Pada LTTQ PonPes Qodratullah Langkan Banyuasin, Sumsel en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account