Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya fenomena kecendrungan
kenakalan remaja akhir-akhir ini menjadi permasalahan yang
mengkhawatirkan baik dari perspektif pendidikan, psikologi sosial, maupun
budaya. Kehidupan remaja yang ditandai oleh berbagai macam kenakalan
remaja, adalah bukti lemahnya moralitas dan kepribadian usia remaja.
Sebagai contoh ditunjukkan dalam bentuk kurang menghormati orang lain,
tidak jujur, sampai usaha menyakiti diri seperti mengkonsumsi narkoba,
mabuk-mabukan dan bunuh diri. Maka dengan demikian, Persoalan yang
ingin diketahui dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode
keteladanan pendidikan agama Islam dalam keluarga Sebab pendidikan
dalam keluarga merupakan inti dan pondasi dari upaya pendidikan secara
keseluruhan. Pendidikan dalam keluarga yang baik akan menjadi fondasi
yang kokoh bagi upaya-upaya pendidikan selanjutnya baik disekolah
maupun diluar sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan
Implementasi metode keteladanan pendidikan agama Islam di keluarga pada
masyarakat Rw 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan sosiologis. Subjek penelitian adalah kedua orang tua
pada masyarakat Rw 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta
Timur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keingintahuan para orang
tua di ke Rwan 01 terhadap pendidikan agama Islam sangat luar biasa, Hal
ini ditandai dengan keaktifan orang tua khususnya ibu-ibu dalam kegiatan
keagamaan, diantaranya majlis ta‟lim. 2) Keteladanan dari para orang tua
terhadap anak-anaknya merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawartawar
lagi. 3) Terbukti metode keteladanan di ke Rwan 01 Kel. Pondok
Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur terbilang bagus, dimana minat yang
tinggi dari orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya sangat luar biasa.