DSpace Repository

Metode Keteladanan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Pada Masyarakat RW 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.advisor Oka Gunawan
dc.contributor.author Siti Sakinah, 217430202
dc.date.accessioned 2019-11-19T09:08:39Z
dc.date.available 2019-11-19T09:08:39Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/268
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya fenomena kecendrungan kenakalan remaja akhir-akhir ini menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan baik dari perspektif pendidikan, psikologi sosial, maupun budaya. Kehidupan remaja yang ditandai oleh berbagai macam kenakalan remaja, adalah bukti lemahnya moralitas dan kepribadian usia remaja. Sebagai contoh ditunjukkan dalam bentuk kurang menghormati orang lain, tidak jujur, sampai usaha menyakiti diri seperti mengkonsumsi narkoba, mabuk-mabukan dan bunuh diri. Maka dengan demikian, Persoalan yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode keteladanan pendidikan agama Islam dalam keluarga Sebab pendidikan dalam keluarga merupakan inti dan pondasi dari upaya pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan dalam keluarga yang baik akan menjadi fondasi yang kokoh bagi upaya-upaya pendidikan selanjutnya baik disekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Implementasi metode keteladanan pendidikan agama Islam di keluarga pada masyarakat Rw 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis. Subjek penelitian adalah kedua orang tua pada masyarakat Rw 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keingintahuan para orang tua di ke Rwan 01 terhadap pendidikan agama Islam sangat luar biasa, Hal ini ditandai dengan keaktifan orang tua khususnya ibu-ibu dalam kegiatan keagamaan, diantaranya majlis ta‟lim. 2) Keteladanan dari para orang tua terhadap anak-anaknya merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawartawar lagi. 3) Terbukti metode keteladanan di ke Rwan 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur terbilang bagus, dimana minat yang tinggi dari orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya sangat luar biasa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.title Metode Keteladanan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Pada Masyarakat RW 01 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account