DSpace Repository

Hubungan Guru yang Bersertifikasi dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi'ie Noor
dc.contributor.author Layna Wirdasari Hasanah, 05310752
dc.date.accessioned 2023-05-24T08:24:16Z
dc.date.available 2023-05-24T08:24:16Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2861
dc.description.abstract Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan guru sebagai guru yang professional yaitu dengan adanya sertifikasi. Sertifikasi merupakan surat keterangan yang diberikan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang terakreditasi kepada guru sebagai bukti formal kelayakan profesi guru, yaitu memenuhi kualifikasi pendidikan minimum (S 1) dan menguasai kompetensi minimal sebagai agen pembelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya adalah guru sebagai tenaga pendidik. Dengan adanya program sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional yang dapat diukur dengan pencapaian prestasi hasil belajar. J adi harus terdapat hubungan yang kuat antara guru yang bersertifikasi dengan prestasi belajar siswa. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan obyek SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Selain itu penulis juga melakukan penelitian melalui field research dan library research dengan cara observasi dan mengutip dari buku-buku serta artikel-artikel yang berkaitan dengan masalah yang penulis bahas untuk dijadikan bahan teori. Dari penelitian tersebut penulis mendapat kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif antara guru yang bersertifikasi dengan prestasi belajar siswa di SMA Islam Brawijaya, namun hubungan tersebut bersifat rendah atau lemah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Guru Bersertifikasi en_US
dc.subject prestasi belajar siswa en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Hubungan Guru yang Bersertifikasi dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account