Abstract:
Pembelajaran tahsin yaitu suatu cara untuk tilawah AJÂqur' an yang menitik beratkan pada makhraj, sifat-sifat huruf, dan tajwid. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi pembelajaran tahsin AlÂQur' an p{lda kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur' an Jakarta.
Dalam kajian teoritis peneliti memaparkan implementasi pemhelajaran tahsin tujuau pembelajaran tahsin, dan unsur-unsur dalam tahsin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan basil penelitian penulis mengetahui bahwasannya pembelajaran tahsin Al-Qur' an pada kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur'an terfokus pada kesempurnaan makhorijul huruf dan sifat huruf. Dengan menggunakan metode tahsin Al-Jazari secara talaqqi clan musyafahah. Kemudian dari basil wawancara, penulis mengetahui adanya peningkatan dalam kemampuan membaca AI-Qur'an peserta lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur'an Jakarta.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa pembelajaran tahsin AJ-Qur'an pada kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur' an Jakarta memberikan basil yang sangat baik bagi kelas lanjut usia dalam kemampuan membaca Al-Qur'an terutama dalam segi makhorijul huruf dan sifat hurut: