DSpace Repository

Konsep Pendidikan Islam Menurut Ikhwan Al-Muslimin

Show simple item record

dc.contributor.advisor Chaliluddin
dc.contributor.author Suparmi, 98310482
dc.date.accessioned 2023-06-19T07:12:53Z
dc.date.available 2023-06-19T07:12:53Z
dc.date.issued 2003
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3077
dc.description.abstract Ikhwan al-Muslimin adalah gerakan reformasi Islam yang lahir di lsma'iliyah, Mesir, atas gagasan Hasan al-Banna. Pada saat itu ia membuat ikatan perjanjian dengan enam orang pengikutnya untuk mendirikan sebuah organisasi dakwah yang selanjutnya dikenal dengan Jama 'at lkhwan al-Muslimin. Hasan al-Banna mulai dikenal di Isma'iliyah sejak ia diangkat menjadi guru Sekolah Dasar dilingkungan Departemen Pendidikan pada tahun 1927, setahun setelah menamatkan pendidikan di Universitas Darul Uluum. Selanjutnya menurut Hasan al-Banna, keenam orang yang tertarik dengan dakwahnya itu datang menemuinya untuk membicarakan cara-cara meninggikan kejayaan Islam dan kebaikan kaum Muslimin. Untuk tujuan itu mereka membawa harta-harta mereka guna menopang kemajuan organisasinya Setelah melaksanakan dialog, mereka selanjutnya mengidentifikasi diri sebagai "saudara-saudara yang mengabdikan diri untuk Islam". Oleh karenanya mereka disebut sebagai Al-Ikhwan AI-Muslimin. Pengikut-pengikutnya itu terdiri dari orang-orang dengan latar belakang profesi yang berbeda. Gerakan reformasi Islam yang dilancarkan Ikhwan al-Muslimin oleh sebagian besar anggotanya dianggap merupakan kelanjutan arus dari gelombang pembaharuan yang telah berlangsung sebelumnya di Mesir, yang dimulai sejak munculnya ide-ide pembaharuan Islam Jamal al-Din al-Afgani dan lain-lain. Menurut Amin Rais, bahwa "pemahaman Islam Hasan al-Banna jauh lebih revolusioner dari pada tokoh-tokoh reformasi sebelumnya, sebab baginya Islam pada dasarnya adalah revolusi, bagi al-Banna Islam adalah revolusi melawan dekadensi pemikiran dan dekadensi hukum, revolusi menentang korupsi moral dan penindasan sosial, revolusi terhadap monopoli dan terhadap perampasan kekayaan rakyat secara sewenang-wenang". en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject pendidikan Islam en_US
dc.subject Ikhwan Muslimin en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam Menurut Ikhwan Al-Muslimin en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account