DSpace Repository

Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 96 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Nurlaila Handayani, 18311927
dc.date.accessioned 2023-06-21T08:52:19Z
dc.date.available 2023-06-21T08:52:19Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3159
dc.description.abstract Pemilihan metode dalam pembelajaran merupakan hal yang penting bagi semua guru tidak terkecuali guru PAI, sebab dengan metode guru dapat menyampaikan materi dengan baik serta memudahkan siswa dalam memahaminya. Pada suatu pembelajaran motivasi siswa dalam belajar juga berperan penting dalam pemahaman suatu materi, dengan ini pemilihan metode reward dan punishment dianggap cocok untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di sekolah SMP Negeri 96 Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan juga kendala-kendala dalam penerapan metode reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah SMP Negeri 96 Jakarta pada mata pelajaran PAI. Pada observasi pertama di sekolah SMP Negeri 96 jakarta, keadaaan peserta didik kurang antusias dalam belajar, hanya beberapa yang semangat dan menanggapi materi yang diajarkan, penerapan metode pun kurang bervariasi. Dengan ini peneliti tertarik untuk meneliti metode reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di sekolah SMP Negeri 96 Jakarta. Pada penelitian ini terdapat beberapa perbedaan dengan penelitian terdahulu diantaranya yakni perbedaan pada metode penelitian yang digunakan, serta berbeda pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yakni guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bimbingan Konseling, dan 5 (Lima) siswa/i dari Sekolah SMP Negeri 96 jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dana dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode reward terbagi menjadi dua macam bentuk yakni reward dalam bentuk verbal dan non verbal, sedangkan penerapan punishment terdiri dari teguran, pemberdirian siswa di kelas, pengurangan nilai dan juga kerjasama guru PAI dengan guru Bimbingan Konseling. Meskipun pada penerapannya terdapat beberapa kendala-kendala namun sejauh ini penerapan reward dan punishment memberikan perubahan motivasi pada siswa berupa perubahan sikap, keaktifan dalam belajar, dan juga lebih menghargai guru dan sesama teman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Punishment en_US
dc.subject Reward en_US
dc.subject Motivasi Siswa en_US
dc.title Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 96 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account