DSpace Repository

Implementasi Metode Gerakan Dalam Menghafal Hadis Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT Al-Izzah Pondok Belimbing Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Lutfiah Yusuf, 19320046
dc.date.accessioned 2023-11-06T07:52:59Z
dc.date.available 2023-11-06T07:52:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3268
dc.description.abstract Indonesia adalah negara dengan populasi umat Islam terbanyak, dengan jumlah 241,7 juta jiwa setara dengan 87,02% pada akhir 2022. Namun sebagian umat Islam masih merasa asing dengan pembelajaran hadis. Minimnya kesadaran masyarakat dalam mempelajari hadis, menjadi acuan pendidik untuk menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran hadis. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi metode Gerakan, faktor pendukung dan penghambat metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Al-Izzah Pondok Belimbing Tangerang Selatan. Penelitian ini meneliti implementasi metode gerakan dalam menghafal hadis pada usia 4-5 tahun di TKIT Al-Izzah Pondok Belimbing Tangerang Selatan. Penelitian sebelumnya berfokus pada usia 6 tahun ke atas, sedikit yang meneliti tentang metode gerakan dalam menghafal hadis pada usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Al-Izzah telah berhasil dilaksanakan, dengan tiga tahapan yaitu 1) perencanaan, menyusun pencapaian target dan RPPH. 2) pelaksanaan, guru mencontohkan hadis dan gerakan terlebih dahulu, membaca hadis kata demi kata, diulang sebanyak 5 kali. 3) evaluasi, mengulangi hafalan hadis yang disampaikan. Faktor pendukung: pemberian reward, do’a dan dukungan orang tua. Faktor penghambat: kurangnya media dalam pembelajaran, kesulitan guru dalam mengarahkan gerakan pada anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Gerakan en_US
dc.subject Menghafal Hadis en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Implementasi Metode Gerakan Dalam Menghafal Hadis Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT Al-Izzah Pondok Belimbing Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account