DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an (di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Fikriyatun Solekha, 19312120
dc.date.accessioned 2023-11-09T07:20:45Z
dc.date.available 2023-11-09T07:20:45Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3306
dc.description.abstract Pemahaman cara membaca dan menulis Al-Qur'an merupakan syarat penting bagi peserta didik untuk belajar mempelajari dan memahami materi ayat-ayat Al-Qur'an. Namun dalam mempelajari Al Qur’an, peserta didik mengalami beberapa kesulitan belajar. Untuk itu guru PAI perlu memiliki strategi khusus untuk membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar membaaca Al Qur’an ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk kesulitan belajar peserta didik dalam membaca Al-Quran dan untuk mengetahui Srategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif, yang mana penulis menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru PAI, peserta didik dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan belajar peserta didik di SDN Cipete Utara 05 dalam membaca Al-Quran terdiri dari faktor internal dan eksternal, faktor internal yakni peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan ilmu tajwid seperti mengatur nafas, sulit membedakan panjang pendek bacaan, dan kurangnya minat untuk belajar Al-Qur’an. Sedangkan faktor eksternalnya peserta didik mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar, kurangnya dorongan dari orang tua, keterbatasan tempat pembelajaran Al Qur’an di luar sekolah seperti TPQ maupun TPA. Sementara strategi yang diterapkan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu a) menerapkan strategi pembelajaran ekspositori; b) menggunakan metode al-Qiroah al-Muyassaroh; c) melakukan pendekatan secara pribadi kepada peserta didik dan orang tua; d) mengadakan jam tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar Al-Qur’an; dan e) memotivasi peserta didik agar semangat belajar membaca dan memahami Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi pembelajaran, en_US
dc.subject Kesulitan belajar Al-Qur’an en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an (di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account