DSpace Repository

Penerapan Literasi Digital dalam Menunjang Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Diponegoro 1

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Zahrotul Afifah, 19312197
dc.date.accessioned 2023-11-09T08:57:56Z
dc.date.available 2023-11-09T08:57:56Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3326
dc.description.abstract Literasi digital merupakan suatu cara dalam memberikan pemahaman bagi peserta didik tentang hal yang didapati di sekitarnya, meliputi kondisi lingkungan, sosial, budaya, dan lainnya. Dengan adanya kemampuan membaca maupun memahami narasi yang disampaikan dari berbagai literatur, maka peserta didik akan lebih mendapatkan pemahaman, terutama tentang berbagai konsep pendidikan karakter, seperti konsep kebersamaan, tanggung jawab, kerja sama, dan konsep untuk saling memahami. Untuk itulah adanya penguatan pendidikan karakter yang didukung oleh literasi digital.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Diponegoro 1. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2 Guru PAI, dan 4 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyampaian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital yang dilaksanakan di SMA Diponegoro 1 memiliki implikasi terhadap karakter peserta didik. Pada basis kelas diterapkan dengan keterampilan guru berliterasi digital dalam kegiatan pembelajaran, yang berimplikasi terhadap karakter peserta didik seperti kerja keras, kreatif, disiplin, mandiri, percaya diri, gotong royong, serta berpikir kritis. Selanjutnya basis budaya sekolah penerapan literasi digital dalam kegiatan-kegiatan yang menggunakan media digital, yang berimplikasi terhadap karakter peserta didik seperti kerja keras, kreatif, disiplin, mandiri, gotong royong, serta berpikir kritis, serta basis masyarakat diterapkan dengan penyediaan sarana dan prasarana di sekolah maupun di rumah, sebab lingkungan merupakan aspek penting dalam penerapan literasi digital. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Literasi, en_US
dc.subject Digital, en_US
dc.subject Pendidikan Karakter. en_US
dc.title Penerapan Literasi Digital dalam Menunjang Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Diponegoro 1 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account