DSpace Repository

Peran Guru tahfiẓh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Anis Fitriana, 19312108
dc.date.accessioned 2023-11-10T02:24:02Z
dc.date.available 2023-11-10T02:24:02Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3336
dc.description.abstract Tidak hanya metode yang penting dalam menentukan keberhasilan sebuah program tahfiẓh, tetapi peran guru juga merupakan faktor penentu dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan memotivasi siswanya agar terbentuk suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif. Penelitian ini mempunyai tujuan yang akan dicapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peran Guru tahfiẓh. Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Murid SDIT Ar-Rahman Jakarta Selatan Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru Al-Qur’an, HRD, dan Kordinator Guru tahfiẓh. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran guru tahfiẓh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta Selatan, yaitu bahwa guru tahfiẓh di sekolah SDIT Ar-Rahman memiliki empat peran penting dalam meningkatkan hafalan anak yaitu guru sebagai pendidik, pelatih, kemanusiaan dan kemasyarakatan. Empat peran guru ini berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan adanya peran guru tahfiẓh ini mampu memberikan semangat kepada siswa untuk menghafal Al-Qur’an dan muraja’ah yang awalnya tidak mempunyai hafalan menjadi terinspirasi untuk berusaha dengan sungguh-sungguh menghafal Al-Qur’an. Meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa berjalan dengan baik dibuktikan bahwa siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi dan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, dengan cara melafalkan huruf dengan baik dan benar sesuai makhraj dan sifatnya, panjang dan pendek bacaan Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Ummi, en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.title Peran Guru tahfiẓh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account