DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa di MI Pembangunan UIN Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Zahra Anjani Riyadi, 19312180
dc.date.accessioned 2023-11-10T02:52:20Z
dc.date.available 2023-11-10T02:52:20Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3340
dc.description.abstract . Selain kecerdasan intelektual, kecerdasan interpersonal juga memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran. Namun, masih banyak institusi pendidikan yang belum mengoptimalkan kecerdasan interpersonal siswa. Dalam pembelajaran di kelas, kecerdasan interpersonal dapat diimplementasikan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PJBL dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MI Pembangunan UIN Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PJBL, 3 orang siswa, dan 1 wali murid MI Pembangunan UIN Jakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di MI Pembangunan UIN Jakarta terbukti dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Penerapan ini menciptakan pengalaman belajar yang holistik dengan mengintegrasikan aspek kognitif dan emosional dalam situasi kehidupan nyata. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya mempersiapkan diri menghadapi tantangan kompleks dalam lingkungan sosial dan profesional, tetapi juga mengembangkan kemampuan kerja tim, interaksi sosial, serta kemampuan menengahi konflik. Kemampuan social sensitivity, sosial insight, social communication menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran ini. Kesemuanya ini membantu siswa menjadi lebih siap dan tanggap menghadapi berbagai situasi dan tuntutan dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, penerapan kecerdasan interpersonal melalui model pembelajaran PJBL memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan siswa di aspek sosial dan profesional. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Kecerdasan Interpersonal. en_US
dc.subject Project Based Learning (PJBL), en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa di MI Pembangunan UIN Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account