DSpace Repository

Pcngaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Leaming Type Make A-Match Terhadap Hasil Bclajar Fiqih di Kelas II Ml Baiturrahman, Jakarta Sclatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mahmudah Fitriyah
dc.contributor.author Lubna, 11311049
dc.date.accessioned 2024-05-07T05:31:32Z
dc.date.available 2024-05-07T05:31:32Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3615
dc.description.abstract Pcndidikan di Indonesia pada saat ini masih di dominasi olch kclas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengctahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan sering dijumpai adanya beberapa perrnasalahan, di antaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metodc yang tepat, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mcngikuti pelajaran di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa, salah satunya adalah melal ui pendekatan make a match. Penelitian ini be1iujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Learning type Make A Match terhadap hasil belajar Fiqih pada materi shalat berjamaah di keias II Ml Baiturrahman Jakarta Selatan. Metode penelitian yang dih11.makan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-Test and Post-Test Design. Sampel yang pertama bcrjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dengan mcnggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Sampcl yang kc­dua bcrjumlah 20 siswa untuk kelas kontrol dcngan mcnggunukun metode ccramah. Instrumcn penelitian ini adaluh tes hasil bclajar bcrupa I 5 soul bcrbentuk pilihan ganda. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji-T. Bcrdasarkan hasil pcrhitungan uji-T dipcroleh l1ii1ung = 2,286 dan t,uhcl = 2,024, dengan taraf signitikan 5%, yang bcrarti li,;1ung > ltahcl (2,286 > 2,024), maka Ho ditolak dan Ha ditcrima. Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat pcngaruh yang signitikan antara strategi pembelajaran cooperative learning (vpe make a match terhadap hasil belajar fiqih siswa di kelas II Ml Baiturrahman, Jakarta Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Cooperative Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar Fiqih en_US
dc.title Pcngaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Leaming Type Make A-Match Terhadap Hasil Bclajar Fiqih di Kelas II Ml Baiturrahman, Jakarta Sclatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account