Abstract:
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang melibatkan beberapa isi mata pelajaran dengan mengaitkan pengalaman kehidupan siswa sehari-hari agar memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.
Dari hasil analisis product moment, Dapat dibandingkan besarnya rzy dengan rt. Dengan memperhatikan besarnya rxy (0,335), sedangkan rt baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,374 dan taraf 1% yaitu 0,478. Dengan demikian r hitung lebih kecil dari r tabel. Maka hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran tematik (variabel X), dan meningkatkan kreativitas siswa melalui metode diskusi (variabel Y) ditolak, sedangkan Ho tidak ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran tematik (variabel X), dan meningkatkan kreativitas siswa melalui metode diskusi (variabel Y) diterima. Dari angka indeks korelasi sebesar 0,335 yang berkisar 0,20-0,40 dan bertanda negatif ini maka korelasi antara kedua variabel bersifat lemah atau rendah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa memang tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tematik dalam meningkatkan kreativitas siswa sekalipun korelasi antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi negatif dan tidak searah yaitu korelasi lemah atau rendah. Dengan demikian, kreativitas siswa melalui metode diskusi tidak dipengaruhi pembelajaran tematik.