DSpace Repository

Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Pembangunan UIN)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Sonia Dinina,11311100
dc.date.accessioned 2024-05-07T06:54:38Z
dc.date.available 2024-05-07T06:54:38Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3628
dc.description.abstract Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang melibatkan beberapa isi mata pelajaran dengan mengaitkan pengalaman kehidupan siswa sehari-hari agar memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dari hasil analisis product moment, Dapat dibandingkan besarnya rzy dengan rt. Dengan memperhatikan besarnya rxy (0,335), sedangkan rt baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,374 dan taraf 1% yaitu 0,478. Dengan demikian r hitung lebih kecil dari r tabel. Maka hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran tematik (variabel X), dan meningkatkan kreativitas siswa melalui metode diskusi (variabel Y) ditolak, sedangkan Ho tidak ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran tematik (variabel X), dan meningkatkan kreativitas siswa melalui metode diskusi (variabel Y) diterima. Dari angka indeks korelasi sebesar 0,335 yang berkisar 0,20-0,40 dan bertanda negatif ini maka korelasi antara kedua variabel bersifat lemah atau rendah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa memang tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tematik dalam meningkatkan kreativitas siswa sekalipun korelasi antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi negatif dan tidak searah yaitu korelasi lemah atau rendah. Dengan demikian, kreativitas siswa melalui metode diskusi tidak dipengaruhi pembelajaran tematik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.subject kreativitas Siswa en_US
dc.title Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Pembangunan UIN) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account