Abstract:
Mengacu kepada judul, maka penelitian yang di dasarkan pada
permasalahan bagaimana dan sejauh mana penerapan metode demonstrasi dalam
belajar mengajar dan pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa di
SMP Darul Ma’arif Jakarta Selatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh
penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada meta
pelajaran pendidikan agama islam di SMP Darul Ma’arif Jakarta Selatan.
Secara umum kegiatan penelitian ini didasarkan atas prinsip metode
deskriftif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengungkapkan,
serta menganalisa fenomena empirik yang terjadi pada keadaan sekarang,
sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
angket, kemudian analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis
parsial dan korelasional. Untuk menentukan angka koefesiennya menggunakan
rumus korelasi product momen, adapun sampel penelitian ini diambil hanya kelas
VII yang berjumlah 182 X 20% dari jumlah populasi yang ada di SMP Darul
Ma’arif yaitu sebanyak 36 siswa, jadi jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang
diambil. Wilayah pengambilan sampel yaitu terdiri dari kelas VIIa7 siswa, VIIb7
siswa, VIIc7 siswa, VIId7 siswa, dan VIIe 8 siswa. Dari hasil perhitungan statistik
diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,471, dalam interprestasi nilai tersebut
menunjukkan korelasi yang positif, karena nilai tersebut berada di atas interval
0,21 – 0,40 yang merupakan nilai korelasi di atas rendah, artinya bahwa kofisien
korelasinya di katakan sedang.