Abstract:
Pada saat melakukan Pengenalan Lapangan
Persekolahan, penulis melihat saat pembelajaran berlangsung terdapat seorang
anak mengingatkan temannya yang sedang bertengkar menggunakan hadis
yang sudah dipelajari. Penulis juga melihat terdapat anak yang mengingatkan
temannya yang minum berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tentang penerapan pengenalan hadis-hadis pendek dalam pembentukan
karakter islami di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 85 Legoso Tangerang Selatan.
Perlu diketahui bahwa perkataan yang baik akan berpengaruh kepada
perbuatan-perbuatan yang baik. Pelafalan hadis yang dilakukan setiap harinya
akan memiliki pengaruh yang baik untuk anak, perbuatan-perbuatan yang baik
akan tumbuh seiring waktu dengan adanya pembiasaan membaca dan
menghafal hadis. Hal tersebut telah dilakukan oleh TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 85.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini berisikan tentang penerapan pengenalan hadis
dalam pembentukan karakter islami anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 85 Legoso, pengenalan hadis memiliki pengaruh dalam pembentukan
karakter islami anak usia dini, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya anak
yang telah memiliki pemahaman terhadap hadis-hadis yang telah diberikan.
Hadis-hadis tersebut diterapkan oleh anak dalam kehidupan sehari harinya,
bahkan digunakan ketuka ada orang lain yang belum sesuai dengan apa yang
dipelajarinya