DSpace Repository

“Strategi Guru Al-Qur’an Dalam Membimbing Pembelajaran Taḥfīẓ Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDIT Al-Lauzah Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yanti Susanti
dc.contributor.author Zulfa Nur Fadhilah, 20312273
dc.date.accessioned 2024-07-31T08:52:45Z
dc.date.available 2024-07-31T08:52:45Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3739
dc.description.abstract Studi ini didorong oleh kenyataan bahwa banyak anak berkebutuhan khusus tidak memperoleh pendidikan yang memadai, dan jarang ada yang menyadari bahwa mereka juga mampu belajar, terutama dalam pembelajaran tahfidz.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi atau metode yang diterapkan oleh guru Al-Qur’an dalam mengajarkan Taḥfīẓ kepada anak berkebutuhan khusus kategori lamban belajar (slow learner). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek SDIT Al-Lauzah. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an, wali kelas siswa berkebutuhan khusus, serta dua siswa lamban belajar (slow learner) dikelas 2 dan 3 yang menjadi objek. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Al-Qur’an dalam mengajarkan Taḥfīẓ pada anak (slow learner) mencakup pada 4 hal, (1) Pembelajaran tatap muka (face to face) guru dengan siswa duduk berhadapan dengan anak (slow learner), (2). Gaya belajar auditori pada anak (slow learner) yakni pembelajaran melalui telinga, (3) Metode Drill yakni pengulangan pengulangan, (4) Media pembelajaran menggunakan boneka hafalan. Kemudian kendala siswa berkebutuhan khusus ketika pembelajaran yakni focus dan mood anak yang tidak stabil dan kelemahan pada ingatan nya, untuk solusi dalam menghadapi kendala tersebut guru Al-Qur’an memberikan pemahaman kepada anak (slow learner), memberikan motivasi kepada anak (slow learner), dan memberikan tugas berupa voice note agar siswa tetap belajar walapun di rumah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Pendidikan Inklusi en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.title “Strategi Guru Al-Qur’an Dalam Membimbing Pembelajaran Taḥfīẓ Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDIT Al-Lauzah Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account