Abstract:
Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah
dengan siswa yang berjumlah 2.566 namun hanya 150 orang
yang mengikuti kegiatan Rohis, Rohis selalu identik dengan
tentang keagamaan sehingga peneliti ingin mengetahui apakah
siswa yang mengikuti kegiatan Rohis ini berprestasi atau tidak
pada mata pelajaran Agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
terdapat korelasi antara kegiatan rohis dengan Prestasi Belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK
PELITA Ciampea Bogor?
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik
pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik
pengolahan data penulis menggunakan korelasi product
moment. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Pelita
Ciampea Bogor. Populasi dalam peneliian ini berjumlah 150
orang, karena populasi yang ada lebih dari 100 siswa, maka
penelitian ini dinamakan penelitian dengan menggunakan
sampel 20% dari 150 orang, sehingga responden yang diambil
adalah 30 orang. Dalam kajian teori, penulis memaparkan
berbagai macam pengertian dan keutamaan yang berhubungan
dengan Rohis dan prestasi.Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan
manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih
besar dari pada r tabel rh > rt pada signifikansi 5% yaitu 0,666
> 0,361 maupun pada signifikansi 1% yaitu 0,666 > 0,463.
Dengan demikian maka hubungan kegiatan Rohis dengan
prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam
tergolong sangat kuat, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara
kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran
Pendidikan agama Islam sangat kuat.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada hubungan
positif antara kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata
pelajaran Pendidikan agama Islam. Sehingga dapat dikatakan
semakin siswa mengikuti kegiatan Rohis maka akan baik pula
prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mereka
miliki.