DSpace Repository

Korelasi Kegiatan ROHIS dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK PELITA Ciampea Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.advisor M. Ulinnuha
dc.contributor.author Diaz Kamula, 11311072
dc.date.accessioned 2020-01-02T06:04:11Z
dc.date.available 2020-01-02T06:04:11Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/388
dc.description.abstract Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah dengan siswa yang berjumlah 2.566 namun hanya 150 orang yang mengikuti kegiatan Rohis, Rohis selalu identik dengan tentang keagamaan sehingga peneliti ingin mengetahui apakah siswa yang mengikuti kegiatan Rohis ini berprestasi atau tidak pada mata pelajaran Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat korelasi antara kegiatan rohis dengan Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PELITA Ciampea Bogor? Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik pengolahan data penulis menggunakan korelasi product moment. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Pelita Ciampea Bogor. Populasi dalam peneliian ini berjumlah 150 orang, karena populasi yang ada lebih dari 100 siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian dengan menggunakan sampel 20% dari 150 orang, sehingga responden yang diambil adalah 30 orang. Dalam kajian teori, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan keutamaan yang berhubungan dengan Rohis dan prestasi.Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih besar dari pada r tabel rh > rt pada signifikansi 5% yaitu 0,666 > 0,361 maupun pada signifikansi 1% yaitu 0,666 > 0,463. Dengan demikian maka hubungan kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam tergolong sangat kuat, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada hubungan positif antara kegiatan Rohis dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Sehingga dapat dikatakan semakin siswa mengikuti kegiatan Rohis maka akan baik pula prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mereka miliki. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Korelasi, Rohis, Siswa en_US
dc.title Korelasi Kegiatan ROHIS dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK PELITA Ciampea Bogor) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account