Abstract:
Latar belakang penulisan skripsi ini karena pembelajaran Al-Qur‟an pada
anak usia dini masih banyaknya metode yang kurang efektif. Dan antusias
orang tua terhadap pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini cenderung
masih rendah. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian
ini adalah peneliti ingin mengetahui efektifitas metode Sedayu dalam
pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa,
Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode
kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode
deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang
tampak. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa metode
sedayu merupakan salah satu metode yang tepat untuk pembelajaran Al-
Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan.
Metode sedayu ini diterapkan agar anak usia dini dapat membaca Al-
Qur‟an dengan baik dan benar sesuai makhorijul hurufnya. Dimana
mereka belajar mengenal mulai dari huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan
imajinasi mereka, karena metode sedayu cara belajarnya tidak dikasih tau
secara langsung, melainkan anak bisa menemukan sendiri (inquiri)
dengan arahan guru menggunakan perumpamaan sesuai nalar anak usia
dini. Sehingga ingatan akan huruf-huruf hijaiyahnya menempel kuat
dimemorinya para santri. Hal ini menjadikan pencapaia hasil pembelajaran
Al-Qur‟an pada anak usia dini lebih baik, hasil yang lebih baik
menunjukan prestasi belajar yang meningkat dan dapat disimpulkan
bahwa metode sedayu sangat efektif dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada
anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan.