DSpace Repository

Efektivitas Metode Sedayu Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan pada Santri di Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Nurani Jagakarsa, Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Fathoni
dc.contributor.author Masyrokhah, 11311084
dc.date.accessioned 2020-01-02T07:49:26Z
dc.date.available 2020-01-02T07:49:26Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/393
dc.description.abstract Latar belakang penulisan skripsi ini karena pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini masih banyaknya metode yang kurang efektif. Dan antusias orang tua terhadap pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini cenderung masih rendah. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui efektifitas metode Sedayu dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa metode sedayu merupakan salah satu metode yang tepat untuk pembelajaran Al- Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode sedayu ini diterapkan agar anak usia dini dapat membaca Al- Qur‟an dengan baik dan benar sesuai makhorijul hurufnya. Dimana mereka belajar mengenal mulai dari huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan imajinasi mereka, karena metode sedayu cara belajarnya tidak dikasih tau secara langsung, melainkan anak bisa menemukan sendiri (inquiri) dengan arahan guru menggunakan perumpamaan sesuai nalar anak usia dini. Sehingga ingatan akan huruf-huruf hijaiyahnya menempel kuat dimemorinya para santri. Hal ini menjadikan pencapaia hasil pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini lebih baik, hasil yang lebih baik menunjukan prestasi belajar yang meningkat dan dapat disimpulkan bahwa metode sedayu sangat efektif dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas, Sedayu en_US
dc.title Efektivitas Metode Sedayu Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan pada Santri di Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Nurani Jagakarsa, Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account