DSpace Repository

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTsN 12 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Wafiq Nur Azizah, 20312349
dc.date.accessioned 2024-11-01T05:27:12Z
dc.date.available 2024-11-01T05:27:12Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3996
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya penurunan karakter peserta didik yang faktor utamanya disebabkan oleh sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Salah satu upaya dalam mengatasai masalah tersebut yaitu Mendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka beserta inovasinya dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di MTsN 12 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Projek Penguatan Projek Pelajar Pancasila terdapat 3 tahapan, yaitu: 1) Tahap perencanaan, meliputi pembentukan tim fasilitator P5, mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul projek, merancang strategi pelaporan hasil projek, 2) Tahap pelaksanaan, meliputi mengawali, mengoptimalkan, dan menutup pelaksanaan kegiatan projek, 3) Tahap evaluasi, dengan menggunakan metode diskusi dua arah, observasi, serta rubrik dan angket sebagai alat evaluasi. Karakter siswa dapat terbentuk melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, karakter religius siswa terlihat dari pembiasaan siswa mengawali aktivitas dengan berdo‟a, karakter nasionalis siswa dikembangkan melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, karakter mandiri terlihat dari kemampuan siswa untuk merencanakan dan menyelesaikan kegiatan projek secara mandiri. Kolaborasi dan kerja sama siswa dalam melaksanakan kegiatan projek menunjukkan karakter gotong royong yang dimiliki siswa, serta karakter integritas terlihat dari bagaimana siswa dapat menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Projek Penguatan en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.title Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTsN 12 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account