Abstract:
Kajian ini dilatarbelakangi oleh
banyaknya siswa yang ketika belajar memiliki cara yang
berbeda-beda ketika menerima informasi atau menyerap materi
pelajaran, sehingga ada dugaan bahwa cara-cara seperti itu
akan mempengaruhi hasil belajar siswa terutama dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Untuk mengetahui cara belajar siswa yang cenderung
pada penggunaan indera visual, auditori, atau kinestetik; 2)
Untuk mengetahui hasil belajar siswa khususnya Pendidikan
Agama Islam; 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kekuatan stimulus yang ditangkap panca indera dalam
pembelajaran siswa kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif. Jenis
penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan
teknik analisis product moment , dan menggunakan angket dan
observasi untuk memperoleh data-data.
Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment,
bahwa dengan df sebesar 22, pada taraf signifikan 5% diproleh
r tabel = 0,404 , sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh r
tabel = 0,515. Ternyata rxy atau ro pada taraf signifikansi 5% lebih kecil dari pada r tabel, maka pada taraf signifikansi 5%
Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak sedangkan Hipotesis Nol (Ho)
diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi antara variabel
X dan variabel Y tidak terdapat korelasi positif yang signifikan.
Selanjutnya, karena pada taraf signikansi 1% rxy atau ro
adalah lebih kecil daripada r tabel (0,106 < 0,515), maka pada
taraf signifikansi 1% itu Hipotesis nol (Ho) disetujui atau
diterima sedangkan Hipotesis Alternatif ditolak. Ini berarti
bahwa untuk taraf signifikansi 1% itu tidak terdapat korelasi
positif yang signikan antara variabel X dan variabel Y.