Abstract:
Melihat masih banyaknya fenomena rendahnya prestasi belajar pada
peserta didik, dilakukannya kajian mengenai apakah gaya belajar berpengaruh
terhadap prestasi belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik memiliki
cara mereka sendiri dalam menyerap ilmu. Dan hal ini dilihat bahwa peserta
didik kurang menyesuaikan gaya belajar mereka di dalam pembelajaran.
Dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang cocok bagi masingmasing peserta didik akan membantu mereka dalam mencapai dan
meningkatkan hasil belajar yang baik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh
antara gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik dengan prestasi belajar
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 114 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
field research. Responden dalam penelitian ini berjumlah 125 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner, nilai hasil
tes PAI, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
Analisis Regresi Sederhana.
Dari hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa gaya belajar yang
paling dominan pada peserta didik kelas XI SMAN 114 Jakarta dalam kategori
visual, dalam hal ini dibuktikan dengan kategori visual berada pada presentase
tertinggi yaitu 38,4%. Hasil penelitian ini pula menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan taraf signifikasi 0,000 > 0,005 dan diketahui bahwa
Gaya Belajar memberikan pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar PAI
sebesar 14,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.