Abstract:
Penelitian ini berfokus pada konsep kurikulum Al-Azhar, dan
bagaimana penerapan kurikulum Al-Azhar pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dengan menggunakan bahasa Arab, ditinjau dari metode
pengajarannya kepada guru bertujuan untuk memperjelas konsep kurikulum
Al-Azhar, dan menganalisis metode penerapan dan pengajaran mata pelajaran
pendidikan agama Islam pada kurikulum Al-Azhar dengan menggunakan
bahasa Arab pada kelas V di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong
Tangerang, dan mengetahui faktor pendukung dan hambatannya dalam hal
tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan,
informasi dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen, dan
lampiran yang diambil dari sekolah itu sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep kurikulum Al-Azhar
di Syafana Islamic School Primary Gading Seberpong Tangerang merupakan
kurikulum sekolah yang moderat (pertengahan), dan sederhana. 2) Mata
pelajaran pendidikan agama Islam menurut kurikulum Al-Azhar diterapkan
dengan menggunakan bahasa Arab pada kelas V di sekolah tersebut dengan
cara bercerita, ceramah, diskusi, penerapan, presentasi dan resepsi di kelasnya
dan semuanya didukung oleh teori konstruktivis dan pembelajaran sosial. 3)
Faktor pendukung dalam pengajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum
Al-Azhar menggunakan bahasa Arab di kelas V di sekolah tersebut adalah
karena kurikulumnya mudah, dan sederhana, serta harus diamalkan bahasa
Arab secara terus menerus, dan adapun faktor penghambatnya yaitu kesulitan
dalam membaca dan menulis teks bahasa Arab bagi siswa, dan sebagai guru
ia berbicara dua bahasa di kelas.